Pilih Laman

BERKAH SOCIAL MEDIA

Dan aku yang hidup di dalamnya

Pengenalan : Aku dan Sosial Media

Awalnya tak ada yang mengesankan dari perjumpaanku dengan social media. Sama seperti pengguna lainnnya, aku hanya menggunakan social media sebagai tempat untuk berbagi perasaan, stalking artis dan bercengkrama dengan banyak orang di seluruh dunia.

Namun kisahku berubah, tepat ketika internet marketer itu menuliskan hal-hal ajaib tentang kesuksesan yang ia raih dari dunia online. Dalam sekejap, isi kepalaku berubah dan aku terus hanyut dalam kisah suksesnya.

Aku anak muda, berstatus pelajar yang memulai debut sebagai pekerja online tepat pada pertengahan tahun 2015. Tak terasa, dua tahun sudah aku menjabat sebagai seorang blogger dan juga buzzer sekaligus memenuhi kewajibanku sebagai seorang pelajar.

Perjalanan awal ternyata tak semudah yang aku fikirkan, tekad dan nekat saja ternyata tidak cukup. Di tahun pertama, kuputuskan untuk menahan diri dan lebih fokus untuk terus menimba ilmu sendiran. Dan di sinilah kesalahanku bermula!

Di saat aku ingin menjangkau level yang lebih tinggi, trial and error seringkali menghadang jalanku. Bahkan beberapa kali aku memerlukan banyak waktu untuk memecahkan masalah yang ada, walaupun hal ini baik untuk menambah pengalaman namun tentu tidak efisien waktu.

Berkat usaha dan tekad kuat yang kumiliki, hasil kerja keras selama 2 tahun ini sudah bisa kunikmati. Bukan hanya berkedok sebagai “penambah uang jajan di sekolah”, hasil jerih payah dari dunia internet itu bahkan sudah banyak membantu kondisi finansial keluargaku.

Bangga?

Pasti! Karena tak ada satupun hadiah terindah yang melebihi senyum dan kepercayaan orang tua.

Lalu Seberapa Pentingkah Peran Social Media Di Dunia Internet Marketing?

Menurut saya, social media tidak hanya menjalankan peran penting dalam membangun nilai branding, namun social media adalah bagian terpeting dari internet marketing itu sendiri.

Bukan hanya memperkenalkan konten, jasa ataupun produk yang kita miliki kepada konsumen, social media juga bisa kita manfaatkan untuk membangun kedekatan antara penjual dan pembeli.

Jika hubungan antara penjual dan pembeli semakin baik, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasi konten, produk ataupun jasa yang kita jajakan kepada orang terdekat.

Nyatanya, social media bukanlah satu-satunya jalan untuk memasarkan konten, jasa ataupun produk yang sedang kita jual. Ada banyak sekali media yang bisa kita manfaatkan seperti channel tv, website, koran dan banyak lainnya. Namun mengapa saya begitu merekomendasikan social media sebagai sarana yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan konten?

Saya pikir social media adalah tempat yang sangat fleksibel. Ada yang memiliki fitur lengkap seperti facebook, ada yang difokuskan untuk pelayanan yang lebih simple seperti twitter dan ada pula yang difokuskan untuk berbagi gambar dan video seperti instagram.

Namun bukan disitu inti pembahasanya, social media disebut tempat yang fleksibel karena sangat mudah untuk diakses. Pembeli ataupun pedagang bisa saling berinteraksi dalam kegiatan jual beli dengan sangat mudah.

Social Media : Tetap Efektif Untuk Jangka Panjang?

Dikutip dari moz.com, setiap tahun pertumbuhan jumlah pengguna internet di dunia terus bertambah. Lebih dari 82% pengguna internet sudah menggunakan social media sebagai tempat berkomunikasi dan berinteraksi secara online.

Berdasarkan data yang ada di samping, sudah jelas bahwa Facebook selalu menjadi social media teramai dengan angka pertumbuhan yang sangat baik. Terhitung sejak April 2017, Facebook sudah berhasil mengantongi 1.968 milyar pengguna dari seluruh dunia. Berbeda dengan Facebook, Twitter yang pernah menjadi rival terberatnya kini harus puas dengan posisi terakhir dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 317 milyar.

Lain halnya dengan instagram, walaupun masih layak disebut sebagai social media baru namun eksistensinya patut untuk diapresiasi. Grafik pertumbuhan Instagram pun terbilang menjajikan dengan jumlah pengguna aktif mencapai 610 milyar dan ini diprediksi akan terus bertambah setiap tahunnya. Maka tidak heran, jika sekarang ini ada banyak sekali internet marketer yang menggunakan Instagram sebagai tempat kedua untuk memasarkan produknya.

Saya Ingin Memasarkan Produk Untuk Orang Indonesia, Apakah Facebook Adalah Media Yang Tepat?

Seiring dengan kemajuan teknologi, angka kepercayaan konsumen indonesia terhadap kegiatan jual-beli online kian membaik. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya aktifitas jual-beli yang kita bisa temui melalui sosial media. Beragam cara bisa ditempuh untuk melakukan pembelian dan negosiasi, seperti melalui Fanspage Online Shop, Grup Jual Beli Online, ataupun pembelian secara privat.

Kenapa saya merekomendasikan facebook sebagai media pemasaran konten, jasa ataupun produk yang cocok untuk orang Indonesia?

Alasanya sangat sederhana. Bedasarkan hasil riset dari We Are Social pada Bulan Januari 2017, Facebook dinobatkan sebagai sosial media teropuler di Indonesia dengan jumlah pengguna aktif mencapai 111 juta orang perbulannya. Secara tidak langsung, hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak di dunia.

Artinya, Facebook adalah media yang tepat jika digunakan untuk memasarkan berbagai produk yang ingin anda jual. Untuk cara kerja dan strategi penggunaanya, silakan baca rangkuman singkat yang telah saya buat di bawah ini.

Ada lebih dari 1.968 millyar pengguna aktif yang memakai facebook setiap bulannya. Artinya akan ada jutaan lebih calon pelanggan yang bisa anda jangkau melalui social media ini. Namun hal itu tentu tidak semudah apa yang sedang anda bayangkan.

Seperti halnya seorang pemancing yang harus berlayar di luasnya samudera, pasti akan sangat melelahkan jika anda tidak mengetahui lokasi ikan berada. Kurangnya alat penangkap tambahan seringkali menjadi momok menakutkan bagi seorang pemancing.

Menggunakan cara cerdas dan strategi yang unik bisa menjadi pilihan terbaik untuk calon internet marketer sukses.

Sama halnya dengan memancing di tengah samudera, begitu pula dengan strategi social media marketing, untuk melakukan pemasaran di facebook tentu anda membutuhkan rencana dan riset yang matang.

1. Pentingnya Mempelajari Demografi Facebook Anda

Demografi, hal yang penting namun seringkali diangggap remeh. Beberapa pakar mengatakan bahwa kunci dari kesuksesan sebuah pemasaran online terletak pada Demografi.

Untuk anda yang masih belum tahu, demografi itu meliputi banyak hal seperti Jenis Kelamin, Umur, Status, Pendidikan dan banyak lainnya.

Dengan mempelajari siklus demografi terbaru tentu kita bisa mengetahui tentang apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Selain itu kita juga bisa tahu kemana barang kita akan dijual dan seberapa besar presentase keuntungan dari penjualan kita.

2. Lengkapi Pelayanan Anda dan Perhatikan Kebutuhan Konsumen

Setiap sosial media pasti memiliki ciri khas dalam memasarkan sebuah konten. Facebook adalah satunya. Dengan menggunakan Facebook, anda bisa berbagi cerita, gambar dan video tanpa harus tertekan dengan adanya keterbatasan.

Bahkan dalam memasarkan konten, anda juga bisa memanfaatkan beragam fitur tambahan seperti Grup, Acara, Halaman Bisnis, dan Facebook Messenger. Dari semua layanan yang sudah diberikan oleh facebook, anda bisa menggunakannya untuk mengetahui keluh kesah dari para pembeli sekaligus menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pembeli.

3. Cobalah Beriklan di Facebook dengan Layanan Facebook Ads

Salah satu teknik marketing yang sedang populer belakangan ini adalah menggunakan layanan facebook ads. Walaupun ini adalah layanan berbayar, facebook ads dipercaya dapat menjangkau orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan produk yang sedang anda jual. Selain itu, facebook ads juga sangat cocok digunakan oleh blogger yang sedang mempromosikan blog mereka atau sekedar mencari traffik tinggi.

Masih tidak percaya?

Anda boleh lihat contoh gambar yang ada di bawah ini.

Sesuai gambar yang ada di atas, saya mencoba untuk membandingkan postingan dari halaman Shopback Indonesia yang menggunakan Facebook Ads dengan yang tidak menggunakan Facebook Ads. Dan bagaimana dengan hasilnya?

Sungguh luar biasa! Postingan yang tidak menggunakan facebook ads, hanya mendapatkan like and love sebanyak 84 tanggapan dengan 1 komentar pembaca. Sedangkan postingan yang menggunakan Facebook Ads mendapatkan like and love sebanyak 109 ribu tanggapan dengan 1,2 ribu komentar dan dibagikan sebanyak 2 ribu kali. Hasil yang luar biasa bukan?

Sayangnya Mempelajari Social Media Marketing itu Tidak Semudah Seperti Yang Anda Bayangkan

Seperti halnya saya yang belajar digital marketing secara otodidak, hal ini pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Saya sendiri memerlukan 1 tahun lebih untuk mempelajari seluk beluk dunia internet marketing.

Cukup melelahkan dan tentunya tidak efisien.

Lalu sebaiknya apa yang anda lakukan?

Mengikuti Kursus Digital Marketing di Dumet School

Untuk anda yang ingin serius dalam menggeluti dunia internet marketing, saya rasa anda harus memulainya dengan belajar digital marketing di tempat kursus. Selain efisien waktu, tentu materi yang dibahas di tempat kursus sangat sesuai dengan kebutuhanmu sebagai calon internet marketer.

Saya pribadi merekomendasikan Dumet School sebagai tempat kursus terbaik dan terpercaya yang sudah terbukti pelayanannya.

Saat belajar di Dumet School, anda bebas memilih jadwal kursus agar sesuai dengan kebutuhan. Bahkan untuk memulai kursusnya, kamu tidak perlu menunggu kuota murid terpenuhi yang artinya 1 orang murid pun cukup untuk dimulainya pembelajaran. Periode belajarnya pun tidak dibatasi oleh waktu, anda boleh belajar dan berkonsultasi sampai benar-benar paham.

Lalu apa saja yang akan anda dapatkan setelah mendaftar di Dumet School?

Mendapatkan 7 materi pembelajaran seperti WordPress, SEO, Facebook Ads & Instagram Ads, Adwords Search, Youtube Ads, Email Marketing, dan Landing Page

Kamu bisa mengakses semua materi di Dumet School sepuasnya, sampai kamu bisa

Akses ke iLab (sistem pembelajaran yang bisa anda akses dimanapun dan kapanpun)

Bisa reseat (mengulang kelas) sepuasnya

Disupport seumur hidup dan gratis konsultasi selamanya

Sertifikat Digital Marketing dengan nomor izin diknas

Berapa Harga Kursus di Dumet School?

Premium

1 Bulan
IDR5,5 Juta
  • Membuat Website Instant via WordPress
  • SEO
  • Adword Research

Ultimate

3 Bulan
IDR8,5 Juta
  • Membuat Website Instant via WordPress
  • SEO
  • Adword Research
  • Facebook Ads dan Instagram Ads
  • Youtube Ads
  • Email Marketing
  • Landing Page

Wah, Aku Tertarik Nih!

Kalau Mau Daftar Harus Kemana Mas?

KELAPA GADING

Rukan Artha Gading Niaga Blok i – 23, Jalan Boulevard Artha Gading
Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240
(Belakang Mall Artha Gading)
Telp: (021) 4585-0387

grogol

Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23
Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470
(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)
Telp: (021) 2941-1188

TEBET

Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid). Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam
(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)
Jakarta Selatan 12870
Telp: (021) 2298-3886

SRENGSENG

Ruko Permata Regensi Blok B – 18, Jalan Haji Kelik
Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630
(Depan Hutan Kota Srengseng)
Telp: (021) 5890-8355

DEPOK

Ruko Jalan Kartini Raya No. 53
Pancoran Mas, Depok 16436
(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)
Telp: (021) 7720-7657

MORE INFO

Buka setiap hari Senin – Minggu jam 09.00 s/d 21.00 atau hubungi [email protected]

Itulah pengalaman keberkahan yang telah aku dapatkan melalui social media. Semoga beberapa tips di atas berguna dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya!

Yuk Baca Artikel Lainnya!

Share This