Pilih Laman

Kenali Siapa Dirimu dan Rancang Masa Depanmu

Kenali potensi, wujudkan mimpi bersama Youthmanual

Demi matahari senja yang menggantung manis manja di cakrawala, demi kebaikan dan ketulusan yang telaten diberikan semesta, dan demi ragam nama-nama Tuhan baik yang akrab maupun asing di telinga kita, sesungguhnya, manusia, adalah mahkluk yang merugi. Kecuali, ia yang mau belajar pada masa silam, berbuat yang terbaik di masa sekarang, dan menyiapkan segala sesuatu di masa depan, dengan keyakinan paling yakin pada terwujudnya sebuah impian.

Lenang Manggala, Perempuan Dalam Hujan: Sealbum Puisigrafi

Masa depan. Satu kalimat, dua kata dengan jutaan harapan di dalamnya. Sederhana memang bentuknya, tapi kandungannya tak ada seorang pun yang dapat menerka. Andaikan Tuhan memberikan jawaban atas pertanyaan ini, mungkin semuanya akan terasa lebih mudah untuk kita.

Namun dibalik rahasia Tuhan yang sangat besar ini, setidaknya hanya ada dua pilihan mengenai masa depan. Yakni berubah untuk menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk. Tentu saja, penulis yakin bahwa pembaca pun berharap agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, tentu kita sudah terikat dengan takdir. Mulai dari kapan kita dilahirkan, jodoh yang kita dapatkan, gejolak kehidupan yang kita alami, sampai kematian pun telah di rancang sedemikian sempurna oleh Sang Pencipta.

Namun bukan berarti kita harus berdiam diri dan tak melakukan usaha untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dari hari ini. Seperti air yang terus mengalir, begitu juga impian kita mengenai masa depan. Segala persiapan mesti kita lakukan dari sekarang juga demi mewujudkan cita-cita dan harapan.

Langkah-langkah seperti apa yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan masa depan?

Check this out!

Mengenal Dirimu Lebih Dalam Lagi

 

Siapkah aku? Apa Kelebihanku dan apa kelemahanku? Apa saja hal yang kusuka dan apa saja hal yang kubenci? Cobalah berikan pertanyaan itu pada dirimu. Biarkan dirimu menjawab dengan sejujur-jujurnya. Mulailah untuk memahami dirimu dari sekarang juga. Susah atau mudah?

Faktanya, kita sendiri lebih mudah memahami kepribadian orang lain dibandingkan diri sendiri. Padahal untuk menggapai mimpi kita perlu memahami kepribadian diri. Selain memahami, kita juga perlu menggali seberapa besar pontensi diri di berbagai bidang.

Hal tersebut tentu sangat berguna dalam menentukan jurusan kuliah dan masa depan kita nantinya.

Bahkan untuk seorang remaja yang sedang mengenyam bangku pendidikan di SMK seperti saya, tak jarang saya seringkali menemukan fenomena siswa yang salah jurusan. Tidak perlu jauh-jauh menengok kelas sebelah, karena bahkan di dalam kelas sendiripun banyak yang mengaku salah ambil keputusan.

Tak tanggung-tanggung, jumlah anak yang mengidap fenomena salah ambil jurusan ini lebih dari setengah kelas. Sebagian mengaku salah ambil jurusan dan sebagian lainnya mengaku salah masuk sekolah.

Lalu mengapa memilih SMK dibandingkan SMA?

Pelarian, ini adalah jawaban paling miris dengan jumlah suara terbanyak.

Ya, sebagian anak memang memilih SMK dibandingkan SMA karena pelarian. Pelarian itu banyak macamnya, ada yang mencoba melarikan diri dari jeratan ekonomi dan adapula yang melarikan diri dari mata pelajaran yang dianggap menyebalkan, matematika contohnya.

Sayangnya pelarian akan mata pelajaran bisa dibilang GAGAL TOTAL dan berakhir dengan penyesalan ketika kamu masuk SMK.

Bagaimana tidak?

Bukannya mendapat kenyamanan karena terhindar dari jeratan mata pelajaran selayaknya pelajar SMA, pelajar SMK malah dituntut untuk lebih banyak mempelajari berbagai macam mata pelajaran. Jumlahnya bahkan lebih banyak dari mata pelajaran SMA karena ditambah dengan mapel kejuruan.

Fenomena salah jurusan ini memang tak kenal segala bentuk perbedaan, tua ataupun muda, pria atau wanita, semua bisa terjangkit penyakit yang satu ini. Masalahnya, dalam kasus seperti ini masa depan sangat dipertaruhkan.

Suka atau tidak sukanya kita terhadap suatu jurusan di bangku perkuliahan tentu sangat mempengaruhi produktifitas kita sebagai seorang mahasiswa nantinya.

Nah, sudahkah kamu mengenal siapa dirimu?

TINGGKATKAN KEMAMPUAN YANG KAMU MILIKI

 

Ibarat sebuah mata pisau, potensi juga perlu di asah secara berkala.

Setelah berhasil memahami siapa diri kita yang sebenarnya, tentu kita juga akan menyadari beberapa potensi hebat yang ada di dalam diri kita. Namun di samping kelebihan pasti akan ada kekurangan. Tak perlu malu apalagi rendah diri karena kekurangan yang kita miliki, karena semua manusia toh pasti memiliki kekurangan.

Dan daripada memikirkan kekurangan yang kita miliki, ada baiknya jika kita meningkatkan potensi diri. Cara mengasah kemampuan tersebut sebenarnya susah-susah-gampang, selain memperbanyak ilmu dengan belajar, action atau praktek secara berkesinambungan pun bisa menjadi modal yang baik.

MENENTUKAN PROFESI YANG KAMU INGINKAN

 

Kerjakan apa yang kamu cintai dan cintai apa yang kamu kerjakan.

Dua bulan yang lalu, ketika saya menghadiri kegiatan technical meeting pada acara bertajuk Inovasi dan Kesadaran Berlalu Lintas oleh Kementerian Perhubungan, seorang anggota Dinas menyampaikan pertanyaan unik yang cukup menyita perhatian kami. Kurang lebih seperti ini pertanyaannya, “jika kamu diberi kesempatan untuk memilih pekerjaan terbaik yang ada di dunia ini, kira-kira apa sih perkerjaan terbaik yang akan kamu pilih?”

Untuk saya pribadi, pekerjaan terbaik bukan hanya dinilai dengan besaran gaji dari masing-masing profesi. Menurut saya, konsep dari pekerjaan terbaik itu cukup sederhana namun sangat menarik. Karena pada dasarnya, pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar. Selain karena gaji yang besar, tentunya faktor kenyamanan dalam bekerja pun menjadi poin yang sangat penting.

Bagaimana, setuju kan?

Studi Kasus : Mengimplementasikan Poin 1, 2 dan 3 di Kehidupan Nyata

Aku ini siapa?

Aku bisa apa?

Dan mau jadi apa?

Saya rasa 3 pertanyaan di atas sudah cukup untuk mewakili semua poin yang telah saya bahas. Walaupun terlihat sederhana namun saya yakin banyak pembaca yang masih merasa kesulitan dalam mengungkap jati dirinya.

Apalagi jika semua itu dilakukan secara manual dan tanpa bantuan orang lain. Pasti sudah kebayang bukan bagaimana repotnya kita dalam mengamati kepribadian diri sendiri? Penggunaan motode manual itu tentu tidak efektif, selain butuh waktu yang cukup lama terkadang kita juga punya keterbatasan dibidang data analisa.

Jadi gimana dong?

Tenang… Saya masih punya solusinya kok! Penasaran?

Youthmanual : Temukan Jati Dirimu dan Rancang Masa Depanmu

Untuk kamu yang sedang penasaran banget dengan kepribadian aslimu dan ingin segera mengembangkan potensi yang ada pada dirimu maka ijinkanlah saya memperkenalkan Youthmanual sebagai wadah sekaligus teman curhat yang bisa digunakan untuk merancang masa depan.

TENTANG YOUTHMANUAL

Youthmanual.com adalah salah satu startup asli Indonesia yang hadir sebagai platform persiapan kuliah dan karier online berbasis data, didukung oleh teknologi People Science © untuk membantu siswa dalam merancang dan mempersiapkan masa depan mereka.

Tidak asal-asalan, pengunaan data yang diberikan tetap dilandasi dengan berbagai riset ilmiah. Cara kerja Youthmanual yakni dengan mengukur 7 dimensi karakter siswa sebagai landasan dalam rekomendasi, perencanaan kuliah dan karier yang terintegrasi, berkesinambungan dan komprehensif.

FITUR YOUTHMANUAL

Youthmanual hadir dengan berbagai fitur keren yang bisa kamu nikmati dengan dua metode, yakni dengan akun gratis ataupun akun premium (explorer). Secara garis besar, pemilik akun gratis di youthmanual sudah bisa mendapatkan pelayanan yang cukup lengkap lho.

Lebih dari 700 profesi disajikan dengan data yang cukup lengkap, berikut dengan gajinya, contoh jabatanya, skill yang dibutuhkan, pengetahuan dan berbagai jurusan yang terkait. Lebih dari 200 Jurusan dan 500 kampus pun sudah bisa kamu akses disini. Pokoknya lengkap deh!

Eitss, tapi masih ada kekurangannya ya! Untuk kamu yang masih menggunakan akun gratis, akan ada beberapa fitur penting yang masih terkunci. Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan status akunmu dari yang gratis menjadi Explorer.

“Kalau boleh tahu, kira-kira harganya berapa min? Gak mahal kan?”

Untuk menikmati berbagai layanan premium dari Youthmanual kamu hanya perlu membayar sebesar Rp79.000 saja. Harga yang terbilang murah untuk layanan premium yang akan kamu dapatkan.

“Kasih gambaran dong min tentang layanan premium yang hanya ada di akun explorer youthmanual ini!”

Hal pertama yang wajib kamu kerjakan di akun explorer ini adalah menjawab berbagai tantangan yang akan mengungkap jati dirimu yang sebenarnya. Tantangannya pun tidak hanya satu, tapi ada banyak dan terbagi menjadi beberapa modul. Seperti apakah tantangan tersebut? Check this out!

1. Pengenalan Diri

Seperti peribahasa yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, Youthmanual pun mengadaptasi cara yang sama untuk mengungkap siapa jati dirimu yang sebenarnya. Di langkah pertama, kamu diwajibkan untuk mengisi beberapa informasi mengenai dirimu terlebih dahulu, mulai dari status, kelas, kejuruan, ekstrakurikuler dan masih banyak lainnya.

2. Modul Kepribadian

Setelah selesai mengisi biodata di modul pengenalan diri, di modul ini kamu wajib mengerjakan tes singkat mengenai kepribadianmu. Cara kerjanya cukup mudah, yakni kamu diwajibkan untuk memilih salah satu dari 2 pernyataan yang ada dan harus disesuaikan dengan kepribadianmu.

Bagaimana dengan hasilnya?

Lengkap banget gaes! Setelah menjalani serangkaian tes kepribadian, kamu akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya. Dari hasil tes yang sudah saya jalani, terungkap sudah ternyata saya adalah seorang INTJ – The Mastermind. Dari sana saya mulai sadar, ternyata dari dahulu saya ini memang anak yang banyak berpikir, menyukai hal-hal teoritis bahkan sampai yang sifatnya abstrak alias rumit pun saya suka.

Tidak hanya deskripsi tentang kepribadian diri yang akan kamu jumpai, bahkan hal-hal yang berkaitan dengan kelebihan dan kekuranganmu pun tersaji di dalamnya. Uniknya, hampir 90% pernyataan tersebut memang sesuai dengan kepribadian saya saat ini.

Masih di modul yang sama, kamu juga bisa menjumpai beberapa hal yang menarik tentang kepribadianmu yakni pembawaan kamu di lingkungan sosial, gaya belajar dan bekerja, pilihan profesi yang tepat untukmu, tokoh yang mirip denganmu bahkan sampai fun fact tentang kamu pun ada di dalamnya. Bagaimana, sangat lengkap bukan?

3. Modul Minat

Di modul ini kamu diwajibkan untuk memilih beragam minat yang sesuai dengan kepribadianmu. Minat itulah yang akan memberikan jawaban atas pertanyaanmu mengenai seberapa besar potensi dirimu di bidang tersebut.

Dari hasil uji keminatan yang saya lakukan, disana jelas tertera bahwa saya memiliki poin yang sangat tinggi di bidang persuasi dan kemimpinan. Tidak heran memang, walaupun dari kecil saya suka gonta-ganti cita-cita, tetapi bidang yang saya pilih memang cenderung hampir sama yakni ingin menjadi Hakim, Diplomat dan yang terakhir adalah Presiden.

4. Modul Gaya Belajar

Modul berlambangkan harta karun ini adalah modul tambahan yang kehadirannya sangat penting untuk dicoba. Cara mengerjakan tantangannya pun cukup mudah, layaknya sebuah survey kamu harus memberikan skor yang sesuai dengan cara pandangmu terhadap segala bentuk gaya belajar yang ada.

Selain mengetahui gaya belajar seperti apa yang kamu suka, lewat modul ini kamu juga akan tahu “cara cepat menyerap ilmu melalui gaya belajarmu”.

5. Modul Kemampuan

Untuk kamu yang merasa kalau tantangan di modul sebelum-sebelumnya itu biasa-biasa aja dan sama sekali gak main logika, sekarang kamu wajib coba modul kemampuan ini.

Seperti namanya, modul kemampuan ini akan menguji bakat dan cara berpikir kamu dengan berbagai macam soal yang ada. Soal-soal yang ada di dalam modul ini sendiri terbagi menjadi 6 bagian yakni :

  • Mengambil kesimpulan dengan pola.
  • Mengambil kesimpulan dengan fakta.
  • Logika matematika.
  • Membayangkan bentuk 3 dimensi.
  • Kecepatan dan ketelitian.
  • Dan yang terakhir adalah memahami bacaan.

Wajib diingat! Setiap bidang soal punya batasan waktu menjawab yang berbeda-beda ya. Hal ini tentu sudah disesuaikan dengan tingkat kesulitas soal-soal yang ada.

Dan ini adalah contoh hasil dari modul kemampuan yang telah saya kerjakan.

6. Personal Values

Fitur yang tidak kalah penting daripada modul lainnya ini memang wajib kamu kerjakan gaes! Dengan mengerjakan modul ini, kamu akan tahu nilai-nilai apa yang melekat pada kepribadianmu.

Walaupun sejak kecil kita telah dibekali dengan norma, pendidikan, dan pengajaran yang hampir sama, namun faktanya kita memiliki nilai-nilai yang berbeda. Hal ini memang tidak terlepas dari tujuan hidup dan bagaimana cara pandang kita dalam mengambil keputusan.

Dari test yang berhasil saya kerjakan, ternyata ada 3 nilai yang paling dominan yang ada di dalam diriku. Dan nilai-nilai itu adalah Self Direction, Power, dan Achievement. Bisa dibilang bahwa modul ini 100% akurat dengan prinsipku saat ini. Dan benar saja, memang nilai-nilai dominan tersebut adalah poin-poin utama yang kubawa selama ini demi menggapai impian dan harapan di masa yang akan datang.

Selain 6 modul yang telah saya ulas, Youthmanual Premium juga memiliki beberapa fitur keren yang bisa kamu nikmati di masa depan, antara lain :

  • Ukur tingkat keterampilan menghadapi tantangan abad 21-mu
  • Eksplor kegiatan ekstrakurikuler
  • Eksplor hobimu
  • Mulai masukan dan pantau nilai rapor akademis-mu
  • Eksplor tiga bidang jurusan kuliah
  • Bandingkan lima jurusan kuliah
  • Diskusi awal tentang jurusan kuliah dengan orang tua
  • Diskusi awal tentang jurusan kuliah dengan guru BK
  • Diskusi awal tentang jurusan kuliah dengan kakak kelas
  • Baca checklist persiapan kuliah dalam negeri / luar negeri
  • Dan masih banyak lainnya!
Youthmanual

Final Report

Ibarat sedang sekolah, setelah kita berhasil menyelesaikan 6 tantangan yang diberikan oleh Youthmanual tentu saja kita berhak menerima raport dari hasil pengenalan potensi diri. Hasilnya sendiri bisa dibilang sangat lengkap bahkan lebih lengkap dari raport sekolah yang biasanya hanya bertuliskan daftar nilai dengan ucapan “pertahankan prestasimu”.

“Tapi apakah cuma segini doang fungsi dari Youthmanual Premium?”

Enggak dong! Fungsi Youthmanual Premium yang sesungguhnya baru dimulai dari sekarang!

Halo Youthmanual, Bisa Bantu Saya Untuk Pilih Profesi, Jurusan Ataupun Kampus?

Bisa dong!

Setelah kita berhasil menyelesaikan seluruh tantangan yang ada di modul 1 sampai modul 6, Youthmanual akan membantu kita dalam mengeksplorasi 3 hal yang berkaitan dengan masa depan yakni profesi, jurusan bahkan kampusnya.

Dan disinilah letak perbedaan kuantitas informasi antara pengguna akun gratis dengan pengguna akun premium (explorer).

Kenapa?

Karena untuk pengguna akun premium yang telah menyelesaikan berbagai tantangan, semua data potensi diri bisa langsung tersimpan dan semakin memudahkan pengguna untuk mencari informasi sebanyak-banyakknya dengan petunjuk tambahan dari youthmanual.

Untuk yang masih bingung akan perbedaannya, bisa langsung melihat contoh sederhana yang ada di bawah ini ya.

Bagaimana, sudah jatuh cinta dengan fitur premium dari Youthmanual ini?

Di Masa Depan Nanti, Cocoknya Aku Jadi Apa ya? Cari Tahu aja di Eksplorasi Profesi!

Untuk kamu yang masih mengeyam bangku sekolah ataupun bangku kuliah seperti saya, adalah hal wajib untuk memikirkan apa yang akan kamu kerjakan di masa yang akan datang. Disini Youthmanual akan membantu kamu dalam menemukan pekerjaan yang cocok yang mana sudah disesuaikan dengan kepribadian dan potensi yang kamu miliki.

Contohnya saya, dari 700+ data profesi yang tersedia di Youthmanual ternyata menjadi Hakim, Petugas Hakim Hukum Administrasi, Juri, Sidang dan Pengacara menjadi pekerjaan yang paling tepat untuk saya geluti. Entah kebetulan atau tidak, saya sendiri pernah memang pernah berkeinginan untuk menjadi seorang Hakim dan kini Youthmanual pun mengungkap hal yang sama di daftar rekomendasi. Wow!

Namun walaupun begitu, saat ini saya ingin sekali untuk menjadi seorang Diplomat sebelum menjadi seorang Presiden. Terlalu tinggi memang mimpiku, tapi bukankah menusia itu harus tetap bermimpi?

Selain itu, tingkat kecocokan potensi dan kepribadian untuk menjadi seorang Diplomat pun tidak terlalu buruk yakni 4 dari 5 bintang. Jika begini, selain menjadi teman yang asyik untuk di ajak konsultasi, Youthmanual juga bisa menjadi teman yang selalu memberi motivasi.

Oh iya, selain digunakan untuk mencari pekerjaan yang paling tepat, eksplorasi profesi juga hadir dengan data yang sangat lengkap. Disini kamu bisa menemukan informasi seputar :

  • Besaran gaji.
  • Deskripsi profesi.
  • Contoh jabatan.
  • Berbagai pekerjaan yang akan kamu kerjakan.
  • Pengetahuan.
  • Keterampilan.
  • Kemampuan.
  • Jurusan terkait.
  • Kecocokan profesi sesuai minat.
  • Kecocokan profesi sesuai kemampuan.
  • Dan berbagai artikel tips seputar profesi

Jadi, sudahkah kamu menentukan profesi yang akan kamu geluti di masa yang akan datang?

Sekarang Adalah Saatnya Untuk Cari Jurusan Yang Paling Tepat Untuk Kamu! – Eksplorasi Jurusan

Setelah menentukan profesi yang paling sesuai dengan potensi diri, langkah selanjutnya adalah menentukan jurusan yang paling tepat untuk kepribadian kita. Sebagai pelajar SMK yang pernah salah dalam menentukan jurusan, tentu saya tidak ingin mengulang kejadian salah ambil jurusan tersebut di bangku perkuliahan.

Sekarang, saya pribadi punya 2 metode yang bisa kamu manfaatkan dalam menentukan jurusan di Youthmanual, yakni :

Cara Pertama : Kamu Bisa Memanfaatkan Informasi Jurusan Terkait di Eksplorasi Profesi

Ketika kamu menjelajahi berbagai macam profesi, dibagian bawah profesi tersebut terdapat informasi Jurusan Terkait yang bisa kamu gunakan sebagai pilihan prioritas. Sesuai pengamatan saya, daftar jurusan yang ada di masing-masing profesi sangatlah akurat ketimbang hanya sekedar menerka-nerka saja.

Cara Kedua : Tentu Dengan Memanfaatkan Fitur Eksplorasi Jurusan

Untuk kamu yang ingin mendengar secara langsung tentang bagaimana Youthmanual merekomendasikan berbagai jurusan yang sesuai dengan potensi dan kepribadianmu, maka fitur Eksplorasi Jurusan adalah jawabannya!

Disini kamu akan disuguhi berbagai jurusan yang sesuai dengan potensi dirimu. Sungguh beruntung! Saya kembali lagi dimotivasi oleh youthmanual dengan kehadiran jurusan Hubungan Internasional sebagai jurusan yang dengan prospek untuk menjadi seorang diplomat.

Sama seperti Eksplorasi Profesi, di Eksplorasi Jurusan ini kamu bisa menemukan informasi yang sangat lengkap dari jurusan yang kamu pilih, diantaranya :

  • Deskripsi Jurusan.
  • Mata kuliah jurusan.
  • Prospek kerja.
  • Profesi dan karir.
  • Kampus terkait.
  • Kecocokan jurusan sesuai minat.
  • Kecocokan jurusan sesuai kemampuan.
  • Dan beragam artikel tips jurusan.

Saran : mengambil hidayah dari pengalaman yang saya alami, usahakan pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan potensi diri. Jangan cuma karena modal ikut-ikutan teman ataupun karena sekedar pelarian belaka, masa depan adalah taruhannya.

Jadi Kampus Mana Yang Kamu Pilih? – Eksplorasi Kampus

Setelah yakin dengan profesi dan jurusan yang dipilih, langkah selanjutnya adalah memastikan tempat di mana kita menimba ilmu.

Dulu sebelum saya mengenal Youthmanual, untuk mengetahui tentang berbagai informasi kampus yang ada di Indonesia saya seringkali melakukan riset secara manual (dan sendirian pastinya). Waktu saya hampir habis untuk membaca berbagai artikel tentang beberapa kampus dan kejuruan yang tersebar di ratusan website.

Semuanya mulai tidak terasa efektif ketika saya membaca artikel tentang informasi kampus di website A, lalu membaca review mahasiwa tentang kampusnya di website B, kemudian mencari lagi informasi karir para alumni di website C. Terbayangkan kan berapa jumlah waktu yang saya habiskan dalam sehari demi mencari dan membaca informasi sesuatu yang berbeda-beda?

Tapi serius, setelah ada Youthmanual semuanya jadi gampang banget!

Ini nih mudahnya cari informasi tentang kampus di Youthmanual!

Sebagai salah satu kampus yang memiliki prodi Ilmu Hubungan Internasional dengan akreditasi A, menjadikan UNPAD (Univeristas Padjajaran) sebagai pilihan utama saya ketika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Melalui fitur Eksplorasi Kampus yang ada di Youthmanual, disini kita bisa menjumpai berbagai hal yang berhubungan dengan kampus tersebut, seperti :

  • Polling mahasiwa.
  • Rating mahasiswa.
  • Pertanyaan seputar kampus.
  • Review dari mahasiswa.
  • Lokasi kampus.
  • Status dan akreditasi.
  • Informasi tentang fakultas dan prodi.
  • Rasio dosen dan mahasiswa.
  • Biaya perkuliahan.
  • Hingga jenjang karir para alumni pun tertera di dalamnya.

Ingin Membandingkan Kualitas Antar Kampus? Youthmanual mah Bisa!

Sejak 2 tahun yang lalu, saya ingin sekali melanjutkan studi ke UNPAD yang mana berlokasi di Pulau Jawa, Bandung tepatnya. Namun sayangnya, biaya hidup yang tinggi dan tanpa sanak saudara membuat saya harus berfikir dua kali dan mulai merekomendasikan UNILA  (Universitas Lampung) sebagai pilihan kedua.

Masih menggunakan cara kuno, saya kembali membaca semua artikel tentang kedua kampus itu di berbagai website yang ada. Bukannya menemukan jawaban atas perbedaan keduanya, saya malah semakin pusing dalam mengambil keputusan.

Beruntung sekali Youthmanual memiliki fitur tersebut dengan beberapa aspek penilaian yang mudah untuk dicerna. Dan seperti apakah data analisis yang dimiliki oleh Youthmanual untuk membandingkan kedua kampus tersebut? Silakan cek gambar yang ada di bawah ini.

Jelas dan sangat mudah bukan? Selain bisa menghemat waktu juga bisa menghemat kuota lho…

“Haduh kak… Tapi aku masih bingung nih harus mulai dari mana??”

Tenang.. tenang..

Untuk kamu yang masih bingung, saya masih punya resep yang lumayan jitu kok. Selain hadir sebagai platform analisis data yang bisa digunakan untuk merancang masa depan, Youthmanual juga punya ratusan artikel keren yang bisa kamu baca.

Dari beberapa artikel yang sudah lunas saya baca, saya paling suka dengan artikel sesi tanya jawab untuk masing-masing jurusan. Di artikel itu, kamu bebas mengajukan pertanyaan apapun yang masih berkaitan dengan jurusan tersebut. Dan gak perlu takut kecewa dengan jawaban para mentornya, karena pastinya Youthmanual selalu menghadirkan mentor-mentor keren yang siap untuk menjawab segala curhatanmu.

Maka dari itu, untuk kamu yang masih bingung dalam memilih profesi, jurusan ataupun kampus, jangan ragu-ragu deh untuk baca-baca artikel Youthmanual di menu Jurnal.

Youthmanual Jurnal

Overall : Youthmanual itu…

%

Ketepatan Analisis Data

%

Mobile Friendly

%

Multifungsi

Dari semua pelayanan Youthmanual yang telah saya rasakan, secara keseluruhan saya benar-benar puas! Apalagi setelah saya tahu siapa diriku yang sebenarnya dan apa saja potensi yang saya punya. Walaupun masa depan itu hanya Tuhan yang tahu namun setidaknya kita sudah berusaha untuk tetap fokus dalam menggapai cita-cita. Betul?

Tak ada rahasia untuk sukses. Sukses adalah hasil dari persiapan, kerja keras dan belajar dari kegagalan.

Collin Powel

Nah bagaimana, sudah mulai adem hatinya?

Apa! Kamu ingin segera gabung ke Youthmanual Premium?

Sabar.. sabar.. Khusus untuk kalian yang sudah baca tulisan ini sampai detik ini juga, saya mau kasih hadiah nih. Berhubung saya itu orangnya rendah hati dan tidak sombong #eaaa… Aku mau kasih kupon diskon akun Youthmanual Premium sebesar 10% untuk semua pembaca yang sudah jauh-jauh baca tulisan ini. Berhubung banyak pembaca yang sudah ngiler, silakan masukan kupon KEJARMIMPI10 saat kamu ingin mengambil paket Premium Explorer.

Mewujudkan Cita-cita Pasti Butuh Senjata

Sebagai seorang pelajar sekaligus pekerja dunia digital, tentu saya gak akan jauh-jauh dari yang namanya buku, pena, akses internet, smartphone, dan juga laptop. Belum lagi dengan tuntutan sebagai anak IT yang harus selalu membawa laptop kemana pun saya pergi.

Tersiksa? Tentu!

Belum lagi dengan kondisi laptop saya yang sekarang ini, saat diajak untuk mengisi berbagai kegiatan multitasking, seperti blogging sekaligus design grafis, bisa-bisa laptop saya menjadi panas dan mengeluarkan suara bising dari dalam casing.

Bocoran : bahkan ketika artikel ini dibuat, saya sudah berulangkali melakukan backup data untuk mengantisipasi laptop ini mati. Dan benar saja, laptop yang digadang-gadang akan menemani saya mengerjakan artikel ini sampai malam ternyata mati karena kerusakan yang terjadi pada harddisknya.

Lah, bagaimana ingin mewujudkan cita-cita yang benar-benar tinggi kalau alat perangnya saja tidak berfungsi dengan baik?

“Saya butuh alat perang yang canggih mbak. Baik untuk mengakomodasi profesi ataupun hobi. Oh iya, berhubung saya dan laptop itu adalah teman seperjalanan, maka saya butuh laptop yang beratnya ringan aja ya. Ada?

Satu hal lagi mbak, kalau bisa sih support untuk gaming juga ya mbak. Ada kan?”

Ada!

Acer Swift 3

Saya pilih Acer Swift 3 aja deh kalau begitu. Kebetulan ada banyak sekali hal yang sangat saya sukai dari Acer Swift 3 ini. Selain dapat menunjang produktiftas pelajar sekaligus pekerja digital seperti saya, ternyata Acer Swift 3 ini punya body yang lebar tapi tergolong ringan. Tidak hanya itu saja, Swift 3 ini ternyata sudah mengusung teknologi Fingerprint Scanner yang berguna untuk kemudahan pengguna saat melakukan login.

Performa yang ditawarkan pun tidak main-main. Mengusung prosesor Intel® Core TMi5-6200U dan RAM sebesar 4GB DDR4, saya rasa laptop ini adalah perangkat yang tepat jika digunakan untuk anak IT yang sering merangkap sebagai anak Multimedia. Untuk kegiatan multitaskingnya sendiri, saya yakin laptop ini mampu menemani produktiftas saya sebagai seorang pelajar berbasis online.

Untuk kapasitas penyimpanannya, laptop ini sudah menggunakan teknologi SSD sebesar 256GB. Saya yakin, aktifitas online saya pun tak akan terganggung dengan adanya Dual Band WLAN AC 2×2 MU-MIMO yang membuat koneksi kita semakin terasa cepat.

Satu hal lagi yang membuat saya kagum pada laptop ini adalah daya tahan baterainya yang support sampai 12 jam. Ini serius. Dibandingkan baterai laptop saya yang kini sudah hampir soak, tentu Swift 3 bisa jadi barang mewah ketika saya melakukan perjalanan. Tidak lagi pusing mencari stop kontak karena baterai soak dan tidak perlu malu lagi karena Swift 3 ini punya design yang sangat keren.

SPESIFIKASI ACER SWIFT 3

Operation System
  • Windows 10 Home
Processor
  • Intel® Core TMi5-6200U
RAM
  • 4GB DDR4
Storage
  • 256GB SSD
Display
  • 14” HD Acer ComfyViewTM with IPS Technology
Battery Life
  • Up to 12 hours
Thickness & Weight
  • Thickness: 17.95 mm
  • Weight: 1.5 kg
Port
  • USB 3.1 Type C, USB 3.0, USB 2.0
  • Power Off USB Charging
  • HDMI
Wireless & Networking
  • WLAN 802.11 ac 2×2 MU-MIMO
  • Bluetooth 4.0
Color Option
  • Luxury gold
  • Sparkly silver

Penutup

Detik ini, ketika saya menjadi salah satu karakter penting yang ikut terlibat di dalam perbincangan mengenai masa depan anda tentu membuat saya merasa sangat senang. Bisa berbagi walaupun hanya secuil pengalaman, sudah membuat hati ini tenang. Tidak ada lagi yang bisa saya jabarkan mengenai pencarian jati diri, peningkatan kualitas potensi ataupun gambaran masa depan yang lebih rinci dari ini toh semua itu masih kembali kepada diri sendiri.

Semoga Youthmanual bisa membantu mengungkap potensi dan jati dirimu. Tunjukkanlah bahwa aku, kamu, dan semua pembaca yang singgah di tulisan ini berhak memiliki masa depan yang lebih cerah daripada hari ini.

Salam,
Nisful Ardi

Referensi :
www.youthmanual.com
www.acerid.com
www.acer.com

Share This